Pembukaan Harbuknas 2021 disambut Meriah, Pengunjung Membeludak.

Serang, ikapibanten.com Bertempat di Auditorium Kampus Terpadu Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Pembukaan Harbuknas Tahun 2021 yang dibuka secara langsung oleh Wakil Gubernur Banten, H. Andika Hazrumy berjalan dengan sangat meriah dan mendapatkan sambutan yang luarbiasa dari pengunjung.

Acara yang juga dihadiri oleh Rektor Untirta Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, ST, MT beserta jajaran Wakil rektor Untirta lainnya, Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemedikbud RI, Maman Fathurahman, Ph.D, Anggota DPR RI Komisi X yang juga manta Ketua Panja UU Perbukuan, Ferdiansya, SE., M.Si. juga hadir Ketua IKAPI Pusat Arys Himan dan perwakilan Kepala Daerah Bupati dan Walikota se Provinsi Banten.

Dalam sambutan pembuka, Ketua Ikapi Banten Andi Suhud Trisnahadi menyampaikan Penerbitan sebagai bagian penting pelaku perbukuan dan salah satu subsektor ekonomi kreatif, adalah subsektor yang terdampak hebat oleh pandemi, bahkan Ketua Umum Ikapi, menggambarkan bahwa industri perbukuan sedang sakit berat akibat pandemi Covid-19.

“Penjualan mayoritas penerbit anjlok lebih dari 50 persen. Dan sebagian penerbit lainnya mengalami penurunan 31-50 persen.” ungkap Andi

Pandemi yang masih berlangsung hingga hari ini, memaksa kita untuk terus melakukan upaya upaya dan langkah langkah konkrit yang tidak biasa. Kegiatan Festival Hari Buku Nasional hari ini adalah salah satu upaya penyembuhan, pemulihan sekaligus normalisasi dari keadaan tersebut

Andi menambahkan, “Festival Hari Buku Nasional, adalah sebuah tradisi baru perayaan perbukuan nasional yang akan diselenggarakan bergiliran di setiap Provinsi di Indonesia.”

“Pilihan tema “Inspirasi Literasi dari Banten” selain karena tradisi intelektual Sheikh Nawawi al-Bantani dan Husein Djayadiningrat serta tokoh Banten lainnya, juga mengandung harapan agar Tongkat estafet yang dimulai dari Banten ini dapat menyalakan obor semangat literasi di seluruh Indonesia.” pungkas Andi

Sementara, Ketua IKAPI Pusat Arys Hilman dalam sambutannya mengaku memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemprov Banten, Untirta dan Ikapi Banten yang telah menginisiasi Festival Hari Buku Nasional pertama di Indonesia di tengah pandemi Covid 19 masih belum mereda.

“Ini semacam oase, spirit bagi insan perbukan Nasional, di mana di tengah pandemi ini penjualan buku secara Nasional turun hingga 50 persen bahkan lebih,” kata Arys seraya berharap Ikapi di daerah lain dan pemerintah daerahnya mencontoh spirit yang dilakukan di Banten tersebut dengan menyelenggarakan festival serupa dalam memperingati Hari Buku Nasional di tahun-tahun mendatang. (red)

Please follow and like us:
Tweet 20

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RSS
Follow by Email