Ikapi Banten Mengikuti Sosialisasi Standar Perbukuan dan Penilaian

Ikapibanten.com – Bertempat di Hotel Ibis Gading Serpong, Rabu (20/07/2022) jajaran pengurus IKAPI Banten mengikuti kegiatan Sosialisasi Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 22 Tahun 2022 tentang Standar Mutu Buku, Standar Proses dan Kaidah Pemerolehan Naskah, serta Standar Proses dan Kaidah Penerbitan Buku yang diselenggarakan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) Kemendikbud RI.  

Pengurus Ikapi Banten yang ikut hadir diantaranya Andi Suhud Trisnahadi selaku Ketua Ikapi, kemudian Achmad Rozi selaku Sekretaris Ikapi dan beberapa unsur pengurus lainnya yang juga sebagai pelaku perbukuan. Acara yang dibuka secara langsung oleh Pejabat Puskurbuk tersebut diikuti oleh peserta yang berasal dari Wilayah DKI Jakarta dan Banten, dan berasal dari unsur pelaku perbukuan. Sebanyak  seratus peserta dengan khusyu mengikuti acara sampai selesai hingga pukul 15.00 Wib.

Dalam penyampaian materinya Tim Puskurbuk Kemendikbud secara bergantian memberikan pencerahan terkait latarbelakang dan urgensi Standar dan kaidah perbukuan. Dalam paparannya dijelaskan bahwa latar belakang standar dan kaidah perbukuan ini adalah untuk Menjadi acuan bagi pelaku perbukuan; untuk melaksanakan proses penerbitan secara baik dan benar serta mengontrol mutu penerbitan. Disamping itu, untuk Menjadi variabel dalam penilaian kelayakan buku pendidikan, baik buku teks maupun buku nonteks. Serta Menjadi tolok ukur terkait dengan pengawasan perbukuan apabila terjadi pelanggaran terhadap kode etik perbukuan.

Hadir dalam acara tersebut, para penerbit yang tergabung di IKAPI DKI Jakarta dan IKAPI Banten sebagai para pelaku langsung perbukuan dan beberapa unsur yang lain seperti, design grafis, penerjemah, penyadur, illustrator, editor dan pihak-pihak yang terlibat dalam dunia perbukuan.

“Syarat isi buku yang paling penting untuk diketahui oleh para penulis buku adalah Tidak bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila; Tidak diskriminatif berdasarkan suku, agama, ras, dan/atau antargolongan;  Tidak mengandung unsur pornografi; Tidak mengandung unsur kekerasan dan Tidak mengandung ujaran kebencian” ujar Wijanarko selaku pemateri dari Puskurbuk.

Ketua Ikapi Banten Andi Suhud Trisnahadi dalam komentarnya mengatakan sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Puskurbuk.

“Besar harapan saya, para pelaku perbukuan di Banten mnjadi lebih tercerahkan dengan adanya sosialisasi dari puskurbuk ini.” ujarnya (red)

Please follow and like us:
Tweet 20

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

RSS
Follow by Email